Selasa, 07 Agustus 2012

Tips Mengatasi Sound Laptop atau Komputer Yang Mati


usb sound

Jika sobat-sobat tipsh4re pernah mengalami sound laptop atau komputer kesayangannya tidak mengeluarkan suara atau tidak berfungsi dengan baik dan biasanya terjadi ketika sehabis di instal ulang system operasinya bisanya disebabkan karena drivernya soundnya belum terinstal dengan sempurna. Sobat-sobat tipsh4re
tidak usah panik dahulu jika mengalami hal tersebut. Ada tips cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kelainan pada sound pc atau laptop sobat :

  • Pertama yang harus dicek terlebih dahulu yaitu pengaturan volume pada laptop sobat pastikan volume nya tidak dalam keadaan kecil atau nol mute atau off. Mungkin sobat sobat tidak sengaja mengecilkan volumnya. Untuk control volume laptop bisaanya menekan tombol Fn dan icon volume (biasanya berwarna biru) tekan secara berulang.
  • Jika sound masih belum berfungsi maka coba cek pada headset atau speaker eksternal yang kita gunakan coba cek dengan computer atau laptop teman atau coba cek menggunakan media player lain seperti mp3 atau mp4 dsb. Jika ternyata headset atau speaker  berfungsi maka bisa di pastikan sound atau speaker lp sobat mengalami masalah.
  • Maka yang harus dicek selanjutnya yaitu terhadap driver sound biasanya terjadi ketika setelah menginstal ulang OS pada laptop atau computer sobat. Cara yang paling gampang, caranya yaitu install kembali driver sound carddan biasanya sudah disediakan pada CD yang disertakan ketika kita membeli laptop kita atau bisa juga kita download melalui situs resminya di internet. Ciri-ciri driver sound belum terinstal dengan sempurna bisa kita cek pada device manager maka ada tanda seru berwana kuning. Computer klik kanan >> properties >> Device Manager
Device Manager
  • Jika sudah di instal sound drivernya kemudian kita restart computer atau laptop sobat mudah mudahan berhasil.
  • Dan jika ternyata belum berhasil bisa dipastikan sound card pada computer atau laptop sobat mengalami kerusakan salah satu cara yang lain yaitu dengan membeli soundcard tambahan dan sekarang banyak di jual di pasaran yang berbentuk usb dan lebih praktis untuk digunakan dan harganya pun relatif murah. 
Terimakasih semoga bermanfaat !!

Tidak ada komentar: