Selasa, 07 Agustus 2012

Tips Memilih Modem GSM atau CDMA



Ketika akan membeli sebuah modem ada beberapa hal yang perlu di perhatikan supaya tidak menyesal dikemudian hari karena koneksi modemnya lelet, internetan menjadi membosankan.

  • Pertama yang harus di perhatikan sinyal, sinyal merupakan faktor utama yang harus di survei terlebih dahulu. Sudah pasti sinyal lemah koneksi pasti lemot, bahkan sinyal penuh juga terkadang lemot apa lagi sinyal lemah.
  • Kemudian kita tentukan mau pilih modem CDMA atau GSM berdasarkan sinyal yang terbaik di tempat sobat-sobat. Kalau saya cenderung pilih CDMA/EVDO (Evolution-Data Optimized) karena sinyal bagus jika sinyal jelek lebih baik pilih GSM/3G. 
  • Kemudian survei harga masing-masing operator baik CDMA atau GSM pilih paket data unlimeted  yang lebih terjangkau, jika menggunakan volume base lebih cepat habis kuotanya  apalagi jika sobat-sobat suka download.
class="separator" style="clear: both; text-align: center;"> 
  • Sebelum memutuskan beli modem kalau bisa kita coba-coba dulu paka modem teman mana yang paling bagus dan cepat koneksinya. bisa di liat pada taks manager.

        Kita lihat kecepatan rata-ratanya misal 6 % dari 3Mbps = 6/100 x 3000 Kbps = 180 Kbps
  • Kalau bisa pilih Modem yang bisa di ganti-ganti kartunya dengan operator-operator yang lain, supaya suatu saat jika ada promo tarif yang lebih murah bisa ganti kartu dan tidak perlu membeli modem baru. Namun modem saat ini hanya bisa satu jenis kartu baik CDMA saja atau GSM saja. 
  • Pastikan bahwa kecepatan akses internet untuk modem yang anda beli sudah sesuai dengan apa yang tertulis di kotak modem misalnya 3,6 Mbps atau 7,2 Mbps. Sebenarnya kecepatan modem tergantung juga dari paket internet yang kita beli sesuai keinginan kita.
Posting Komentar