Senin, 23 Juli 2012

Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang sangat penting sebagai penunjang pekerjaan kita sehari-hari. Beberapa hari terakhir ini saya mengalami crash flashdisk (rusak). Saya memiliki 2 buah flasdisk yang bermasalah, yang pertama flashdisk kena masalah write protected. Jadi data bisa dibaca dan di-copy tapi untuk menambah data (menyimpan) tidak bisa, di-delete tidak bisa dan di-format tidak bisa. Flashdisk yang kedua masalahnya adalah setiap mau dibuka minta diformat terus.
Penyelesaian :
Untuk flashdisk yang pertama, perkiraan masalahnya muncul karena adanya virus atau tidak me-safely removed flashdisk sehingga program pada mikrokontroler yang ada di flash jd rusak. Alhamdulillah dengan beberapa kali coba cara memperbaiki sudah bisa sehat kembali. Caranya adalah dengan menggunakan software Repair versi 2.9 yang bisa didownload disini. Cara menggunakannya cukup mudah. setelah didownload masukin flashdisk ke komputer atau lapotop, kemudian jalankan Repair_v2.9.1.1.exe, 



software ini akan otomatis mendeteksi flashdisk anda. Syaratnya adalah flashdisk masih bisa terbaca oleh sistem operasi. Memperbaiki flashdisk dengan cara ini adalah dengan proses memformat flashdisk yang bersangkutan, jadi saran saya di-backup dulu datanya. setelah baru jalankan software Repair_v2.9.1.1.exe-nya. dan Alhamdulillah flashdisk saya yang tadinya ter-proteksi jadi bisa dipakai normal kembali.

Untuk flashdisk yang kedua. Masalahnya adalah flash terbaca sebagai RAW atau tanpa filesystem. Hal ini bisa disebabkan karena seringnya kita memegang konektor USB pada flashdisk kita, dimana menyebabkan adanya listrik statis yang mengenai mikrokontroler pada flashdisk, sehinggan merusak program yang ada dalam mikrokontroler tersebut. Percobaan penyelesaiannya sudah beberapa cara dilakukan tapi gagal. seperti memformat dengan windows akan selalu gagal padahal sudah 100%, pas finishingnya ada pesan Windows cannot completed format atau sejenisnya (agak lupa pesan eror yang tampil). Coba pake software lain tetap sama aja masih gagal juga. Alhamdulillah setelah googling ada juga software yang bisa. Namanya Dr.UFD versi 1.0.2.24, softwarenya bisa didownloaddisini.

Setelah didownload hubungkan flashdisk Anda ke komputer kemudian jalankan softwarenya. Alhamdulillah setelah menggunakan software ini flashdisk saya bisa normal kembali.
Nah, bagi Anda semoga sedikit sharing saya bisa membantu permasalahan yang dihadapi. Selamat mencoba. Keep Trying, Don't Be Give up....
Posting Komentar